Selasa, 30 Mei 2017

# Jobseeker # My Lifetime

Berminat Kerja di Hotel, Pertimbangkan Dulu Hal-Hal Ini

Hello all,
Udah lumayan lama aku ngga posting yaa… maklum sibuk urusan pindah rumah dan cari kerja hehehe
Postingan kali ini lagi-lagi tentang pengalamanku dalam mencari kerja. Beberapa minggu yang lalu, aku sempat mengikuti rekrutment di salah satu hotel bintang 5 di Semarang. Hotel yang terkenal banget punya bangunan tertinggi di Semarang. Ngga perlu di sebutin namanya lah ya :p 



Mungkin banyak yang penasaran, bagaimana sih enaknya kerja di hotel? Salarynya berapa? Fasilitas apa aja yang di dapat? Aku googling cuma ada sedikit postingan yang membahas masalah ini. Jadi aku mau share dikit mengenai tahapan proses rekrutment di Hotel. Aku juga mau cerita pengalamanku setelah mengikuti serangkaian proses sampai berhasil ke tahap akhir, sampai akhirnya aku sedikit mengurungkan niatku untuk ambil keputusan lebih untuk bekerja di Hotel.Mau tahu kenapa? Baca dulu ni ceritaku wkwk

Aku nemu lowongan ini sewaktu mengikuti job fair di Semarang. Iseng-iseng aku masukin aja deh lamaran posisi Guest Service Center (ini posisi yang bisa dilamar semua jurusan, selain Account Executive. Jadi posisi ini masih termasuk dalam Department Front Office Hotel. Berbeda dengan Account Executive yang kerjanya berhubungan dengan marketing. Berikut rangkaian proses rekrutmen yang aku jalani:

Tahap 1: Seleksi Administrasi dan Interview HRD
Selang beberapa minggu setelah drop CV di job fair, aku dapat panggilan interview awal dengan HRD. Disana aku ketemu banyak orang yang ikut interview, karena kebetulan waktu itu digabung dengan pelamar Account Executive dan Personal Trainer. Interview ini dibagi 2 sesi, aku kebagian yang jam pagi. Di tahap ini pertanyaan yang diajukan biasa dan ngga jauh-jauh dari CV kita, seperti perkenalan diri (dalam bahasa inggris yaa. Maklum kerja hotel kan harus aktif berbahasa Inggris), ditanya tentang keluarga, kuliah, pokoknya sebentar banget deh. Nunggunya antrian dipanggil aja yang lama wkwk

Tahap 2: Tes Tertulis
Ehh, baru aja keluar dari Hotel, udah dapat sms panggilan lagi. Aku lolos interview HRD dan diundang untuk mengikuti tes tertulis keesokan harinya. Wow..batinku cepet banget ni prosesnya. Alhasil besoknya balik lagi ke Semarang buat tes. Di tahap ini kurang lebih ada 50% orang yang lulus seleksi interview HRD. Tes tertulis memakan waktu sampai 3 jam yang terdiri dari:
-Tes Bahasa Inggris: Tes ini lumayan gampang, isinya pilihan ganda dan hanya seputar vocabulary yang berhubungan dengan barang-barang di hotel. Selain itu juga ada soal situational conversation mengenai hotel room reservation, ordering food, dll.
-Tes Concierge: Tesnya berupa gambar jari (direction) dan disuruh untuk menginterpretasikan arti gambar tersebut menurut pemahaman kita.
-Draw a Tree and Draw a Person: Seperti pada umumnya tes menggambar pohon dan orang yang melakukan sesuatu pekerjaan.
-Kraepelin Test


Kraepelin Test

Tes menghitung cepat seperti gambar di atas. Cara menghitungnya berbeda dengan tes Pauli. Jika Pauli menghitungnya dimulai dari atas ke bawah kemudian digaris, Kraepelin dimulai dari bawah dan pada waktu tertentu diwajibkan untuk pindah ke baris berikutnya.
-Tes Papikostik: Ada serangkaian macam di tes ini. Dari mulai pengetahuan verbal (kurang lebih seperti sinonim/antonim, pengelompokan kata), numerik (matematika dasar: seperti tambah, kurang, kali, bagi, pecahan, angka dengan koma, dll), logika (mencari pecahan dari suatu bangun, mencari perbedaan dan kesamaan), dan tes kepribadian. Untuk tes kepribadian ini kita diminta memilih satu kecenderungan yang sesuai dengan sifat atau karakter kita dengan melingkari salah satu panah (atas untuk jawaban A, dan bawah untuk jawaban B). 

*Selain itu aku dapat tes yang isinya kuesioner dan setiap pernyataan diberi skor sesuai rentan yang tersedia di kuesioner tersebut. Kuesioner ini isinya mengenai sikap ketika bekerja sebagai karyawan hotel, fasilitas hotel yang bagaimana yang akan menunjang pekerjaan kalian, keadaan yang diinginkan ketika bekerja, dll.


tes kepribadian PAPI

Tahap 3: Interview User
Sewaktu mengikuti tes tertulis, HRD bilang pengumuman untuk peserta yang dinyatakan lolos akan diumumkan setelah 2 minggu. Ternyata cuma 4 hari aku udah dapat sms lagi dan diundang untuk mengikuti interview user. Di tahap ini ada 2 orang yang menginterview. Masih dalam hari yang sama, tetapi waktunya aja yang berbeda. Yang pertama menginterview yaitu HRD Manager. Klo yang di tahap awal sama staffnya, kali ini baru sama managernya. Yang dibahas lebih ke masalah gaji dan libur. Setelah itu baru ke user. Klo user berarti yang memiliki jabatan paling tinggi di department yang kalian lamar. Dan di tahap ini lah semangat saya tiba-tiba luntur dan jadi ngga berminat kerja di Hotel haduhhh  -_-“

Sebelumnya aku jelasin benefit yang akan didapat ketika bekerja di Hotel:

♥️Dapat jatah makan di setiap shift. Menurutku benefit ini cukup lumayan untuk karyawan karena pastinya setelah kita capek kerja juga butuh makan kan? Selain itu mengurangi pengeluaran kita untuk jajan di luar. Untuk karyawan hotel, ada ruang makan khusus, jadi bukan di resto bareng dengan guest lain ya hahaha
♥️Dapat Seragam. Pastinya kerja di hotel dituntut untuk bersih dan rapi. Setiap hotel pastinya memberikan seragam bagus untuk menunjang penampilan para karyawannya. Selain itu, disana sudah ada yang menglaundry. Sewaktu lewat di laundry room, aku liat-liat banyak seragam yang digantung rapi sesuai dengan insial posisi. Udah bersih tinggal pakai. Ngga perlu capek-capek cuci sendiri deh wkwk
♥️Sistem kontrak yang tidak mengekang dan tidak menahan ijazah. Sewaktu interview awal, pihak HRD sendiri menjelaskan kontrak di hotel normalnya 1 tahun. Tetapi sifatnya fleksibel, user sendiri yang akan menentukan jika pegawai tersebut layak diperpanjang atau tidak. Jika menemukan pekerjaan lain yang dirasa layak, bisa resign tetapi untuk prosesnya kurang lebih 1 bulan.

Nahh..ini baru yang buat aku menjadi suatu kekurangan bekerja di hotel beserta alasanku:

Harus siap bekerja shift. Eittss..Jangan salah, shift di perhotelan beda dengan perusahaan-perusahaan lainnya ya. Memang jam kerja sama dengan yang lainnya (setara 8 jam) tetapi untuk shift siap-siap menyesuaikan jam tidur kalian. Sewaktu dijelaskan dengan HRD Manager, shift pagi mulai 05.00-13.00 dan untuk shift sore mulai pukul 15.00-23.00.
➡️ Terus terang ini masalah pertama yang bikin aku agak keberatan. Walaupun udah pindah rumah, tetap aja posisiku saat ini masih jauh dari Semarang. Aku ngga biasa naik kendaraan sendiri untuk jarak jauh. Jadi aku ngga bisa pagi-pagi buta harus berangkat kerja sendiri dan jam pulang shift malam yang hampir tengah malam itu huhu :(

Libur yang ngga menentu, weekend dan tanggal merah pun harus siap kerja. Beda ya sama pegawai kantoran. Mau dapat libur di sini juga harus dikondisikan dengan libur karyawan lainnya.
➡️ Ini alasan kedua, sebenarnya buat aku gpp sih ngga harus libur weekend. Tapi yang buat aku jadi pertimbangan libur belum pasti seminggu sekali dan hari besar keagamaan seperti IDUL FITRI, NATAL tetap kerja. OMG.

Patokan gaji pokok adalah UMK. Di setiap hotel pastinya familiar dengan “tip” ya kan.  Tetapi setiap hotel memiliki regulasi yang berbeda mengenai ini. Mungkin untuk posisi seperti porter atau F&B bisa dapat tambahan tip dari guest setiap harinya. Tetapi untuk bagian front office sepertinya agak susah ya?  Jadi untuk gaji besarnya ngga jauh-jauh dari UMK daerah.
➡️ Ini beneran beyond my expectation!!! Jadi kesimpulannya, no matter how many stars hotel, salary tetap UMK untuk posisi yang aku lamar. Karena di hotel ngga memandang hotel mewah bintang 5 atau dibawahnya. Karena yang membedakan gaji yaitu “grade” para karyawannya. Jadi yang aku denger di hotel ada grade A,B, C, D, E, dll.

Faktor-faktor itulah yang buat aku jadi pertimbangan. Karena untuk lulusan S1 sepertinya aku masih harus pikir-pikir karena untuk posisi yang aku lamar kemungkinan untuk mendapatkan bonus, insentif, dll agak susah. Sedangkan jam kerja dituntut harus siap seperti itu. Tetapi di luar kekurangannya, aku salut banget dengan HRDnya karena setiap tahap di proses cepat sekaliii. Beda banget sama perusahaan-perusahaan lain yang rata-rata dari masukin lamaran aja sampai proses akhir makan waktu sampai berbulan-bulan. Jadi enaknya ikut rekrutmen di Hotel bisa langsung cepet kerja.

Buat kalian yang penasaran dan berminat bekerja di dunia perhotelan, ini bisa jadi referensi :D
Sampai jumpa di postinganku berikutnya, semoga bermanfaat :)



Thankiss,

86 komentar:

  1. aku orang perhotelan juga. kebetulan pertama kali kerja juga di hotel...
    pernah ngerasain kerja shift juga bahkan dari pagi jam 7 trus harus lembur pulang jam 12 malem juga pernah :D padahal besoknya masuk jam 7 pagi lagi.
    gaji di hotel memang sesuai standart UMK untuk gaji pokoknya, tetapi masih ada yang di namakan gaji karena service dari tax & service yang biasanya di bebankan ke tamu. dari uang service itu lah yang bikin besar.
    kalau di jakarta gaji pokok di angka 3 juta uang service bisa sampai 10 juta. tergantung dari ramai atau tidaknya hotel tersebut.
    dan kalau tidak mau bekerja shift kita bisa mendaftar di bagian back office seperti accounting atau sales marketing :).
    Sekedar share pengalaman saya yg pernah kerja di shift dan sekarang pindah ke bagian back office

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau back office spt accounting atau sales marketing apakah juga mendapatkan uang service tax ?

      Hapus
    2. Marketing ga dapet uang servis ... tapi dapet nya insentif dari penjualan meeting room dan wedding

      Hapus
    3. Semuah staff di hotel dapet service kecuali yang outsourching sama daily worker, ada yang flat ada yang piramida terbalik tergantung kebijakan perusahaan

      Hapus
    4. Boleh berkacamat ga ya kak? Soalnya mata saya minus

      Hapus
  2. Wah makasi sudah share ya mbak, bermanfaat banget sharingnya karena lg butuh pencerahan berhubung juga mau interview di salah satu hotel. Thx

    BalasHapus
  3. gaji pokok hotel memang kecil. tapi service chargenya bisa 2 x gax gaji pokok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Service chargenya itu kapan diberikan ? Tiap bulan atau gimana ?

      Hapus
    2. Setahu saya setiap tanggal 15 😊

      Hapus
    3. Setahu saya setiap tanggal 15 😊

      Hapus
  4. Saya juga pernah PKL di hotel bagian FNB Departement selama 6 bulan, Wah.. pokok nya kalau kerja di hotel itu untuk orang yang gila kerja :v

    kerjanya di bawa enjoy aja biar ga stress wkwk

    BalasHapus
  5. mau nanya, apakah kerja di hotel harus cantik atau ganteng?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak harus ganteng/cantik, tapi attractive

      Hapus
    2. kalo berkacamata boleh ga ya?

      Hapus
    3. Saya juga pengguna kacamata, sepertinya harus di akali dengan penggunaan kontak lensa (softlens). Saya juga baru2 ini interview kerja perhotelan dan ketika menulis bagian pengunaan kacamata sepertinya tidak ada masalah, karena saya juga saat interview menggunakan lensa kontak

      Hapus
  6. Ada ketentuan tinggi badan ga ka?

    BalasHapus
  7. Mau tanya ka, kalo kerja di hotel itu ada tanda tangan kontrak ga ya? Trus nanti setelah kerja 1 th bisa diperpanjang/ bisa jdi karyawan tetap apa ngga? . Terimakasih ka mohon informasinya

    BalasHapus
  8. Hi mba salam kenal saya dya, mau tanya kalo kerja di hotel selama bekerja boleh pakai jilbab kah?
    Jika boleh, biasanya bagian apa yang menerima karyawatinya berjilbab?
    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung kebijakan masing2 hotel sis

      Hapus
    2. Mbak..skarang kan aku training di hotel bintang 5 bali tuh di bagian house keeping..tapi plajaran di kamousku juga mlajari front offuce juga..niatnya sih stelah training aku pengen move ke hotel surabaya dan pngn nyoba apply job front office..kira" bisa gak ? Dari housekeeping ke fo?

      Hapus
  9. Recomended kerja di bagian apa mba yg bagus ??

    BalasHapus
  10. mau tanya kalau di hotel biasanya terima karyawan part time gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima. Bahkan ada yang harian juga setahu saya (ada event)

      Hapus
  11. Kalau IT hotel kira2 di gaji nya sma dengan karyawan lainya atau berbeda??

    BalasHapus
  12. kalau tambahan uang dri bagian service chargenya itu dapatnya sebulan sekali atau gmn ya?

    BalasHapus
  13. biasanya gajian tiap tangal berapa kalau di hotel?

    BalasHapus
  14. Kalau bagian service dihotel berapa ya gajinya gan

    BalasHapus
  15. Kalau untuk pariwisata lebih bagus D3 atau S1 ya?

    BalasHapus
  16. Kalau untuk pariwisata lebih bagus D3 atau S1 ya?

    BalasHapus
  17. Kalau untuk pariwisata lebih bagus D3 atau S1 ya?

    BalasHapus
  18. Dari housekeeping move ke front office bisa gak?

    BalasHapus
  19. Bulan januari depan adalah awal saya magang di malaysia tepatnya renaissance johor bahru ,wajah aku berjerawat apa ga papa ya?

    BalasHapus
  20. Sy berkarier di dunia perhotelan sdh sekitar 13 tahun.... Banyak suka dan duka sebagai staff hotelier, intinya mau utk berkarier dan mau utk belajar pasti jalan akan terbuka. Contohnya sy, sy hanya tamatan sma tapi puji Tuhan krna slogan sy adalah GURU ITU TAK SELAMANYA ADA DI SEKOLAH, akhirnya sekarang ini sdh ada pada posisi FOOD & BEVERAGE MANAGER

    BalasHapus
  21. Selamat sore ka.
    Mau nanya ka.
    Kalau udah kontrak,di hotel.
    Baru 3 kali kerja.
    Apa qta bisa berhenri ka.
    Di karnakan tidak tahan/tidak kuat.

    BalasHapus
  22. Klo yg PKL dpet gaji gk ya dri menejer hotel,bulan mei saya udh interview 😆??

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung hotelnya. ada sebagian yg dikasi ada yg tidak

      Hapus
  23. boleh tpi alangkah lbih baik dibicarakan kpd hrd. biar nama kita tdak jelek

    BalasHapus
  24. Punten ka..klw brkerja dihotel berbintang bisa lulusan dari SMA ga ya?? Dan kira2 bagi wanita tinggi badannya harus berapa??

    BalasHapus
  25. Dimana cari lowongan kerja di hotel yg lengkap terutama daerah surabaya? Mnt infonya y

    BalasHapus
  26. Minta rekomendasi dong hotel mana yg boleh pake hijab didaerah malang atau jogja

    BalasHapus
  27. Kalau sales marketing di hotel itu enak gak ya kak? Trus keejaanya gmn? Harus lancar bahasa inggriskah?

    BalasHapus
  28. Mohon infonya.. Apakah ada persyaratan tinggi untuk kerja di hotel. Soalnya pengen banget kerja jg di perhotelan.. Tpi tinggi saya cuma 156 cm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggi sy cma 150cm bsa kok d hotel.. Ya kembali lg ke kebijakan hotel masing2 kok.

      Hapus
    2. kk nya bagian apa kak @nilla

      Hapus
  29. Bagi yang pemula dan ga ngerti perhotelan masih bisa belajar kah ka

    BalasHapus
  30. Kak mau tanya, bisa gak orang lulusan perhotelan trus dia kerja di Restoran, kemudian nglamar di Hotel bisa gak?

    BalasHapus
  31. Hari senin masuk magang lima bulan di hotel gimna ni

    BalasHapus
  32. Mau Tanya kak. Klo lulusan diluar perhotelan mungkin diterima Gak? Saya lulusan sastra inggris baru pertama Kali mau Coba kerja Di hotel. Trims🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kak, saya lulusan sastra inggris sudah setahun lebih kerja di hotel bagian resepsionis. Jadi masih berhubungan kalo ada tamu asing

      Hapus
    2. tugas resepsionis hotel tu apaja sih kak

      Hapus
    3. Kelebihan sama kekurangannya menurut kaka

      Hapus
  33. Sy di turki hotel bintang lima.
    Luar biasa preasurenya .

    BalasHapus
  34. Klo gaji org yg kerja di bgian back office hotel itu berapaan ya?

    BalasHapus
  35. Kalo bagian resepsionis atau front office ada dapet service charge nya ga?

    BalasHapus
  36. ijazah sma dan tanpa pengalaman apa bisa diterima kerja di hotel??

    BalasHapus
  37. Kakak lulusan smk kan? Nah aku pengen masuk smk jurusan perhotelan, trs klo mau ngelamar kerja itu harus kuliah dulu? Maksutnya, aps ngelamar kerja yg diliat ijazah smk atau yg kuliah? Tpi bisa kan klo lulusan smk perhotelan langsung kerja ke perhotelan(ga pake kuliah)???

    BalasHapus
  38. kak cari kerja di industri perhotelan itu susah ya?, sekali jadi DW mau naik jadi STAFF butuh sekitar 8thn ya?

    BalasHapus
  39. halo mba makasih banyak ya infonya sgt bermanfaat
    boleh dong temen2 disini share duka nya kerja di hotel

    BalasHapus
  40. Kalo gaji marletong hotel bintang 2 tu berpa ya kak???terus kerjanya marketing itu susah gak sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk gaji tergantung kota & management. kalau marketing harus strong database di media ka. entah itu media televisi,media cetak,radio, influencer. beda dengan sales. sales strong database nya di corporate,goverment,MICE,sosial event

      Hapus
  41. kalo kerja guest service officer di hotel kira kira bisa ga ya sambil kuliah karyawan

    BalasHapus
  42. Kalo cewe minim tingginya berapa ya

    BalasHapus
  43. Saya kebetulan di posisi it salah satu hotl bintg 3 d palmbng. Gaji pokok dan servic cuma 4 jutta. Tapi yg buat saya betah itu bonus dan seseran nya 10 juta. 😁😁

    BalasHapus
  44. Kakak aku mau Nanya kalo lulusan Pendidikan Bahasa inggris ( s1) apa mudah lolos untuk kerja di Hotel?...

    BalasHapus
  45. Ada yg kerja sebagai receptionist di hotel??? Itu pekerjannya ngapain aja ya? Kekurangan dan kelebihannya apa. Dan gajinya gimana. Mau ada interview nih soalnya

    BalasHapus
  46. Kak kalo cewe, minim tingginya berapa si?

    BalasHapus
  47. Mau tanya dong ka aku Ada dapet panggilan interview di hotel bintang 4 . Tapi kekurangan Dr diri aku BLM menguasai bahasa inggris, apakah masih Ada peluang keterima Dan lolos tidak ya? Tp saya berpengalaman dibidang jasa pelayanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak, gimana jadinya bisa lolos ngga? Yg blm menguasai b.inggris

      Hapus
  48. Kak bagian apa yang bagus di bidang jurusan pariwisata

    BalasHapus

Translate

Back to Top

Find Me on INSTAGRAM